Fifit wulandari

Guru SMA negeri Balung. Kabupaten Jember...

Selengkapnya
Navigasi Web
Banyak mengunyah sedikit makan. tagur hari ke 30
gambar dari internet

Banyak mengunyah sedikit makan. tagur hari ke 30

            Banyak mengunyah sedikit makan

Oleh :Fifit Wulandari

Tantangan_Gurusiana_Hari_ke_30

 

 

.

Ketika  makanan mulai masuk ke mulut  maka terjadilah pencernaan secara mekanik dengan kunyahan dan kimiawi dengan bantuan enzyme dalam mulut. Kita biasa menyebutnya air ludah. Semakin banyak mengunyah, makanan yang mengandung karbohidrat akan semakin terasa manis.

Setiap mengunyah sebanyak 33 kali secara perlahan dan penuh perasaan, maka mulai terasa ada kepuasan.  System saraf mengirim kepada otak dan memberikan sinyal rasa kenyang. Kemudian memerintahkan tangan dan mulut untuk berhenti makan. Adakalanya sinyal terkirim secara lambat. Padahal selama proses perjalanan sinyal proses makan terus berjalan.

Jadi ketika kita mengunyah dengan cepat dan terburu-buru bisa mengakibatkan makanan yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan. Akibatnya liver akan mengubah gula darah menjadi gula otot selanjutnya kelebihannya disimpan dalam bentuk  lemak dan disimpan dalam liver. Jika lemak sudah melebihi kapasitas, maka akan disimpan diluar organ, misal diantara hati, usus besar dan kecil bahkan sekitar jantung.

Jadi banyak mengunyah dan sedikit makan bisa mendukung tubuh untuk makan sesuai kebutuhan. Lemak tidak terlalu banyak dibentuk dan berat badan menjadi ideal. Metabolisme tubuh berjalan normal dan mudah beraktivitas sesuai tingkatan usia.

Secara ekonomispun sangat meringankan beban belanja. Jumlah makanan yang harus diolah hanya sedikit. Belanja makanan lebih hemat. Alokasi keuangan bisa dipindahkan untuk kepentingan yang lain. Pakaian ukurannya tidak banyak berubah sehingga beban belanja juga ringan.

Tulisan ini muncul ketika banyak guyonan akibat pembelajaran dari rumah maka banyak ukuran baju yang mungsret atau bajunya mengecil dan badan membesar. Demikian opini saya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam literasi.

 

Rumahku, 14 juli 2020

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren...Pengembangan diri he..he..he..sukses selalu

14 Jul
Balas

Salam sukses, terimakasih kunjungannya

14 Jul

Setuju Bu cantik. Sesuai dgn ilmu. Semakin sukses ya

14 Jul
Balas

Terimakasih kunjungannya, salam sukses,

14 Jul

Hasil berguru bu hehehe

14 Jul

Luar biasa buk.....terkadang kita cepat menelannya, sehingga menguyah hanya sekedarnya saja. Trims infonya buk

14 Jul
Balas

ja..ha., boleh juga tuh..harus dikunyah 33 kali lho,,biartubuh gak melar wkwk

14 Jul
Balas

Harus dipraktekkan nih bun saya pengen kurus soalnya hehe

14 Jul
Balas

Semoga sukses

14 Jul

Keren share ilmu dan pengalamannya.

14 Jul
Balas

Terimakasih bunda

14 Jul

Keren ulasannya Bu....Terima kasih

14 Jul
Balas

Terimakasih para gurusianer yang telah membaca tulisan saya. mohon informasi link untuk permohonan si biru. terimakasih.

14 Jul
Balas

Setuju banget bu....

14 Jul
Balas

Salam literasi

14 Jul



search

New Post